Rabu, 15 Juli 2009

jupiter 125cc

Membesut Yamaha Jupiter Z berkapasitas 125 cc bukanlah mimpi belaka. Tak lama lagi impian tersebut akan terwujud. Syaratnya, Anda sudah memiliki Jupie 110 cc (sebutan Yamaha Jupiter Z, red) atau beli baru ke showroom. Asyikan kalau sudah ubah ke 125 cc, bisa pamer ke pemilik Jupie lain kalau Jupie Anda lebih kencang. Tambahan ongkosnya tak lebih dari gopek ceng (Rp 500 ribu, red). Dan yang paling penting, baca tips berikut ini.

OVERSIZE 54 MM
Menyulap Jupie 110 cc menjadi 125 cc tak serumit yang dibayangkan. \"Tak perlu tambah stroke. Cukup ganti piston berdiameter 54 mm maka kapasitas mesin berubah menjadi 123,6 cc,\" ujar Babahe, mekanik balap tim Yamaha Top 1 Yonk Jaya, Bandung.

Kalau tidak percaya mari kita hitung. Rumusnya sama dengan mencari volume tabung yaitu 3,14 x D2 x T/4. Huruf \'D\' artinya diameter silinder dan \'T\' menunjukkan langkah piston alias stroke. Diameter dan langkah piston sama-sama 54 mm. Hasilnya ketemu 123,6 cc. Angka ini menunjukkan kapasitas mesin Jupiter Z setelah overbore.

Sekarang tinggal praktiknya. Menurut pengalaman mekanik road race, ada dua cara yang bisa ditempuh. Pertama, blok asli bawaan Jupie langsung dioversize sesuai dengan diameter piston (54 mm). Ongkos korter sekitar Rp 15 ribu. \"Konsekuensinya liner bagian bawah menjadi tipis ,\" tambah Gandhoel yang mempraktikkan pada pacuan Doni Tata Pradita.

Cara kedua, seperti pesan Babahe dengan mengganti boring. Pelapis silinder asli dilepas lalu diganti milik Honda CB . \"Setelahnya baru dikorter hingga 54 mm. Sisa liner lebih tebal sehingga relatif aman buat harian,\" yakinnya.

Sayangnya metode terakhir lebih ribet. Mesti menelusuri pasar loak untuk mendapatkan blok Honda CB yang tergolong langka. Berikutnya, tebus piston Jupie 125 cc. Bisa pakai merek TDR Racing atau Izumi.

Piston dari Thailand (TDR Racing) dibanderol Rp 400 ribu (gbr.3). Sedangkan Izumi hanya Rp 150 ribu tetapi barangnya langka alias special order (gbr.4). \"Kalau pakai TDR Racing bisa langsung pasang. Sedangkan Izumi mesti bubut blok. Soalnya saat di titik mati atas agak mendem,\" jelas babahe lagi.

Selain ongkos korter dan piston, keluar duit lagi buat beli paking blok dan head. Harganya sekitar Rp 15 ribu. Berikutnya jasa overhaul top atau bongkar pasang blok ke atas paling mahal Rp 50 ribu. Biaya ini bervariasi tergantung daerahnya. Nah, ketahuan kan ongkos totalnya tak lebih dari Rp 500 ribu.

1 komentar: